Rabu, 09 September 2015

MAKALAH ENTREPRENEURSHIP RISET KONTER PULSA


TUGAS
RISET KONTER PULSA GHITA CELL
BOJONGGEDE







MAKALAH
ENTREPRENEURSHIP
Nama Kelompok :
1.      Suhendra                               
2.      Danang Prasetya                  
3.      Fachrizal Sofyan                    
4.      Supadmo Sakti                     
5.      Indah Komala                        
6.      Putri Angrayani                    
7.      Sanusi                                    
8.      Arnita Martiana                   
Jurusan Manajemen Informatika
Akademik Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
( Depok )
2012






KATA PENGANTAR

          Puji syukur Alhamdulillah, penulis panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-nya sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan Makalah Entrepreneurship ini dengan baik. Dimana Laporan ini penulis sajikan dalam bentuk buku sederhana. Adapun judul penulisan Makalah ini  yang penulis ambil adalah sebagai berikut :
“RISET KONTER PULSA DI BOJONGGEDE”
          Tujuan penulisan Makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat nilai mata kuliah Kuliah Entrepreneurship pada semester V (lima) Program Diploma III (D.III) AMIK BSI.
            Dengan tulus penulis berdoa agar semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Makalah ini mendapat limpahan rahmat dan karunia dari Allah SWT dan penulis juga berharap semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Penulis menyadari dalam penulisan Laporan Makalah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan penulisan di masa yang akan datang.
Akhir kata semoga Laporan Makalah ini dapat berguna bagi penulis pada khususnya dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya. amin ya robbal alamin.




Daftar isi

Lembar Judul Makalah ….……………………………………………..………………………………. i
Kata Pengantar ……………………………………………………..………………………………… ii
Daftar Isi …………………………………………………………..………………………………….. iii
Bab I Pendahuluan
Umum …………………………………………………………….…………………………………… 1
Khusus …………………………………..…………………………………………………………….. 2
Sistematika Permasalahan ………………………………………...……………………………………. 2
Profil Usaha …………..……………………………………………………………………………….. 2
Bab II Analisa usaha
Prespektif masa depan usaha …….....……………………………….…………………………………. 4
Analisa persaingan ………………………………………………….…………………………………. 4
Segmen pasar yang dimasuki ……….........………………………….…………………………………. 5
Bab III Deskripsi tentang Usaha
Produk atau jasa yang dihasilkan …………........………………….…………………………………… 7
Jasa pelayanan ……………………………………………………..…………………..……………… 7
Ruang lingkup usaha ………………………………………………….………………………………... 7
Profil pengelola dan perlengkapannya ……………………………….……………….………………… 7
Perlengkapan usaha ………………………………………………….………………..………………. 8
Bab IV Rencana produksi dan Pemasaran
Proses produksi ……………………………………………………………………………………….. 9
Peralatan pengelolaan dan sumber …………………………………………………….……………….. 9
Penetapan harga ………………………………………………………….…………………………… 9
Pelaku distribusi ……………………………………………………….……………..………………. 10
Promosi dan pengembangan produk …….......…………………………….………………………….. 10
Permasalahan …………………………………………………………………….……..……………. 11
Alternatif permasalahan ……………………………………………………………….………………. 11
Bab V Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan …………………………………………………………………………...……………… 12
Saran-saran ………………………………………………………………………….……………….. 12
Daftar Pustaka
Lampiran Sertifikat Workshop












Bab I
Pendahuluan

1.1.            Umum
Saat ini pengangguran semakin banyak di Indonesia, dan mungkin akan terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan membuka lapangan kerja yang baru terutama Usaha Kecil Menengah (UKM).
Bisnis counter hp (penjualan pulsa ) merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Mengapa demikian?Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang pesat. Contohnya di bidang TI ( Teknologi Informatika ), hal ini sangat terasa ketika Handphone telah memasuki daerah pedesaan. Hampir dari semua masyarakat menggunakan handphone sebagai alat komunikasi jarak jauh. Penggunaan alat tersebut tak lepas dari kebutuhan akan pulsa. Karena handphone membutuhkan pulsa sebagai bahan bakar, agar dapat digunakan sebagai mana mestinya. Meskipun bisnis ini sudah banyak bermunculan di setiap tempat, namun sasaran dari bisnis ini pun telah berkembang. Mulai dari masyarakat biasa sampai pelajar. Oleh karena itu, prospek dari bisnis ini masih sangat besar dan bahkan masih dapat terus berkembang.


1.2.Khusus
Entrepreneurship adalah sebuah bidang yang ditekuni oleh manusia berilmu yang mempunyai kemampuan khusus, tentu saja dalam hal ini yang sudah di tekuni dan dipelajarinya, seorang wirausaha haruslah kreatif dan inovatif dalam menjalankan wirausaha, biasanya kewirausahaan menerapkan tentang kemandirian, dalam hal ini kemampuan seorang wirausaha terletak pada bidang masing-masing yang sudah di tekuni, bidang tersebut bisa terkategorikan dengan kemampuan dan skill masing-masing setiap individu yang melakoninya, Jadi menurut saya kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang kreatif dan inovatif serta mandiri, diharapkan seorang wirausaha berguna bagi dirinya sendiri dan oranglain.
Untuk artian dari Etika dapat di artikan sebagai sifat ataupun perilaku seorang manusia, sedangkan profesi merupakan suatu kemampuan seseorang yang ditekuni sebagai pekerjaannya, bisa di simpulkan dalam hal ini keduanya berhubungan sangat erat dengan kewirausahaan jadi etika profesi adalah suatu sikap yang di miliki oleh seorang wirausaha untuk menjadikan seorang pelaku wirausaha yang profesional dan mandiri, intinya kewirausahaan harus di barengi dengan etika profesi supaya bisa menghasilkan profesionalitas yang di akui semua orang.

1.3.Sistematika permasalahan
Apa yang menjadi masyarakat membeli pulsa dengan jarak jauh dari rumah?
Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?

1.4.Profil usaha
Jenis Usaha                  : Penjualan Pulsa
Nama tempat usaha   : Ghita Cell
Berdiri                         : Tahun 2008
Didirikan                      : Nurhasanah
Alamat                         : Jl. Raya Kp. Sawah Kab. Bogor
Sejarah
Sejarah singkat sebelum membangun gedung sebelumnya sudah membuka penjualan pulsa namun transaksi dilakukan langsung bertatap muka dan pulsa yang dijualpun hanya 1 jenis yaitu pulsa electrik saja namun setelah kurang lebih 3 bulan baru mendirikan gedung/ruko pada tahun 2008. Hal tersebut dikarenakan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi sehingga di bangunlah gedung/ruko tersebut.
Modal pertama membuka usaha di bawah Rp. 500.000 namun setelah berjalan hampir 1 tahun total pendapatan dan modal awal mencapai Rp. 1.500.000, sehingga mulailah menjual isi pulsa selain pulsa elektrik seperti voucher yang nominalnya dari kecil sampai besar, kemudian perdana dan terima isi lagu MP3.






Bab II
Analisa usaha

2.1.Prespektif masa depan usaha
Bisnis counter hp (penjualan pulsa ) dan printing ini memang sudah banyak dipasaran, akan tetapi orang-orang yang memerlukannya pun masih sangat banyak bahkan dapat terus bertambah. Sehingga bisnis ini masih memiliki prospek yang baik dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Ditambah lagi bila cara promosi dan pemasarannya berbeda dari UKM lain yang sudah ada dan memiliki ciri khas, maka akan dapat menambah minat masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung tertarik terhadap hal-hal yang baru dan unik.

2.2.Analisa persaingan
Persaingan dalam dagang tidak pernah bisa dan tidak perlu dihindari. Menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk dapat membendung dan memenangkan persaingan. Ibarat pepatah, "Ada gula ada semut", begitulah keadaannya. Semakin bisnis booming, semakin menarik perhatian pengusaha lain. Mereka ramai-ramai nimbrung dan karenanya tidak heran persaingan menjadi sangat ketat dan dalam keadaan begitu ketat, orang mata gelap, melakukan all out agar tetap eksis.
Sudah dapat diduga bahwa pada akhirnya satu per satu gulung tikar karena dalam bersaing, yang lazim dilakukan dan paling mudah adalah memakai harga, dengan mengecilkan bahkan meniadakan keuntungan, sementara harga pokok dan biaya operasi semakin meningkat. Menghadapi persaingan memerlukan banyak ide dan pemikiran yang tidak dapat dilakukan oleh satu dua orang saja. Ajak serta mereka yang terkait dan bahkan termasuk calon pengguna produk. Kerahasiaan harus tetap dijaga, oleh karena itu, tetap perlu disimpan hal-hal yang bersifat keputusan yang krusial, hanya top manajemen yang boleh mengetahuinya. Manfaatkan internet. Anda dapat memperoleh informasi apa saja yang Anda butuhkan dengan melakukan browsing memakai search engine atau browser yang begitu banyak dapat menampilkan informasi. Pakailah lebih dari satu browser, untuk saling melengkapi dan sebagai cross check validitas sebuah informasi.

2.3.Segmen pasar yang dimasuki
Karena usaha kami berada di sekitar lingkungan mayarakat, segmentasi yang kami bidik adalah siswa pulang sekolah, para pejalan kaki yang pulang kerja sore hari bahkan bisa meluas ke masyarakat sekitarnya. Banyak dari siswa, ataupun masyarakat yang menggunakan sarana komunikasi berupa ponsel. Setiap bulannya pasti para pengguna ponsel tersebut telah menganggarkan untuk konsumsi pulsa untuk ponselnya. Bahkan tidak mencapai hitungan bulan, bisa jadi perminggu para pengguna ponsel membeli pulsa. Selain itu usaha yang akan didirikan juga menyediakan terima isi lagu MP3. Selain itu banyak kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan hal tersebut, baik dari kalangan para siswa, bahkan masyarakat sekitarnya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, telah terdapat beberapa usaha sejenis yang berada di darerah tempat saya namun perusahaan tersebut masih terpisah antara counter dan jarak antara beberapa rumah. Selain itu rata – rata memiliki kelemahan dalam hal promosi, pelayanan, harga dan lokasinya jauh dari kawasan sekolah. Oleh karena itu kami melihat bahwa ini merupakan peluang yang cukupbaik.
Rencana Pemasaran :
a.      Pulsa elektrik harga mulai Rp. 6.000 / isi ulang
b.      Download lagu mulai Rp. 1.000 / 10 lagu
c.       Kartu perdana mulai Rp. 5.000 / unit
d.      Voucher pulsa mulai Rp. 2.000 / unit












Bab III
Deskripsi tentang Usaha

3.1.Produk atau jasa yang dihasilkan
Produk-produk yang dapat kami tawarkan adalah pulsa elektrik untuk konsumen pulsa, kartu perdana, download-tan lagu. Sedangkan untuk jasa, Kami hanya menyediakan jasa download mp3, pulsa Electrik, macam-macam Voucher, dan macam-macam perdana

3.2.Jasa pelayanan
Melayani pelanggan dengan ramah
Membantu pelanggan apabila menemukan kesulitan

3.3.Ruang lingkup usaha
Usaha kami bergerak dalam ruang lingkup penyediaan barang dan jasa. dengan produk yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Disamping itu kami juga menyediakan jasa seperti yang telah disebutkan diatas.

3.4.Profil pengelola dan perlengkapannya
Profil Pengelola yaitu:
1.      Nama              : Nurhasanah
2.      Alamat                        : Jl. Pasar lama Kp. Sawah
3.      No Telp            : 
4.      Usia                 : 27
5.      Pekerjaan        : Ibu Rumah Tangga

Profil Perlengkapan yaitu:
1.      Tempat usaha / ruko milik pribadi

3.5.Perlengkapan usaha

1.      Satu buah hp untuk proses transaksi
2.      Tempat usaha
3.      Satu unit etalase
4.      Deposit pulsa Elektrik
5.      Voucher pulsa
6.      Kartu perdana
7.      Bangku
8.      Buku agenda beserta bolpointnya
9.      Spanduk nama dan alamat konter
10.  Brosur daftar harga pulsa




Bab IV
Rencana produksi dan Pemasaran

4.1.Proses produksi
Memasok barang ditempat/ kios langganan.
Memiliki tempat langganan untuk memesan barang.

4.2.Peralatan pengelolaan dan sumber
1.      1 unit hp
2.      1 unit Tempat dagang (etalase)
3.      Buku agenda untuk mengelola masukan dan keluaran barang

4.3.Penetapan harga
Dari harga asli pembelian produk pulsa elektrik, perdana dan voucher tidak jauh berbeda dengan harga dari agen operator M-Troniknya. Hanya mengambil keuntungan Rp. 500 – Rp. 2.000 saja. Misalkan harga pulsa elektrik yang Rp. 5.000 dari operatornya 5.300 dan di jual kembali dengan harga 6.000. Namun walaupun mengambil keuntungan sedikit dari tiap transaksi, hal tersebut membuat konsumen terus membeli produk yang kami jual, misalnya saja dalam sehari pendapatan yang diperoleh mencapai angka Rp. 100.000  sedangkan untuk hari raya atau hari libur nasional pendapatannya bisa meningkat.


4.4.Pelaku distribusi
Kami melakukan riset di pedagang eceran, disebut juga retailer dan kegiatannya adalah:
a.      Membeli barang dalam jumlah yang banyak dari pedagang besar
b.      Menjual barang tersebut secara eceran atau dalam jumlah satuan ke konsumen

4.5.Promosi dan pengembangan produk
Pemasaran yang paling mudah dan murah adalah dari mulut ke mulut. Dimulai dari orang-orang terdekat. Menjalin Komunikasi dengan Orang Lain Maksudnya agar tidak ketinggalan informasi diperlukan mata-mata dalam menjalankan usaha, tentunya mata-mata dalam ati positif yaitu orang yang bertugas mengumpulkan informasi untuk mendukung kemajuan usahanya. Memperluas jaringan komunikasi sangatlah penting selain mempermudah mendapatkan informasi juga dapat memperluas daerah pemasaran. Strategi penjualan personal (Personal Selling). Cara ini memanfaatkan relasi kami dan pelanggan yang merasa puas terhadap jasa kami untuk menjalankan promosi. Sehingga secara otomatis terjadi promosi dari mulut ke mulut yang dijalankan oleh para mitra bisnis yaitu para pelanggan kami.
Promosi dengan menggunakan sarana. Yaitu dengan menggunakn pamflet -pemflet, selebaran, poster dan lainnya yang berbentuk tulisan. Tujuannya agar informasi produk sampai pada konsumen.
Pengembangan Produk yaitu Produksi yang kami lakukan tidak terpaku terhadap produk-produk yang sudah biasa ada saja, akan tetapi kami akan terus malakukan pengembangan terhadap produk yang kami buat. Baik dalam hal mutu dan jenis barang yang ditawarkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan survey tentang kebutuhan para konsumen yang sedang populer di masyarakat, atau bisa juga dilakukan dengan mengikuti keinginan pelanggan. Sehingga para pelanggan merasa terpuaskan dan akan terus kembali.

4.6.Permasalahan
Mengalami gangguan sinyal seperti apabila ada pelanggan yang mengisi pulsa elektrik tetapi tidak masuk – masuk yang memakan waktu sudah cukup lama. Selain itu Hambatan-hambatan yang ada dalam menjalankan bisnis voucher pulsa ini diantaranya tidak terjualnya voucher pulsa pada akhir masa berlaku. Jadi lebih amannya Anda menyediakan stock voucher pulsa dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, namun perbanyaklah stock pulsa elektrik Anda karena tidak akan pernah ada batas waktunya. Di samping hal tersebut, tentunya kini makin maraknya penjual voucher pulsa, dan pastinya akan ada pula persaingan harga.

4.7.Alternatif permasalahan
Menghubungi customer service apabila terjadi transaksi yang belum selesai. Dan kunci suksesnya yaitu Pertimbangkan masalah harga yang akan Anda tawarkan kepada masyarakat, berikan harga yang sesuai. Lengkapi barang dagangan Anda dengan menjual berbagai macam kartu perdana, voucher fisik maupun voucher elektrik dengan berbagai jenis operatornya. Berikan juga layanan yang ramah dan sopan terhadap konsumen.


Bab V
Kesimpulan dan Saran

5.1.Kesimpulan
Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, berbudi luhur, berani dan berwatak agung.di dalam kamus besar bahasa Indonesia itu dikatakan bahwa kewirausahaan adalah:
a.     Orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru.
b.     Menentukan cara produksi baru.
c.      Meyusun operasi untuk mengadakan produk baru.
d.     Mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.
Usaha berarti perbutan amal, berupa sesuatu, bekerja atau berusaha. Jadi wira usaha secara etimologi berarti pejuang yang berbuat sesuatu. Bagi para sarjana ilmu komputer tentunya untuk menjaga etika profesi yang memang harus di jaga demi harga diri.

5.2.Saran-saran
a. Usaha ini menguntungkan bagi anda. Karena selain praktis dalam usaha, kita juga menghemat tenaga.
b. Peluang usaha ini sangat besar, anda tinggal mengatur bagaimana mencari tempat yang strategis agar pelanggan anda tetap nyaman.

Daftar Pustaka

Lampiran Sertifikat Workshop Entrepreneurship

Tidak ada komentar:

Posting Komentar